_Peramalan ( forecasting ) adalah ilmu dalam memprediksikan
kejadian yang akan datang, dalam bentuk perhitungan atau prakiraan dari data
dan informasi di masa lalu serta data informasi lainnya yang berkaitan dengan
penjualan. Dalam pembuatan ramalan ini dibutuhkan penaksiran-penaksiran,
kususnya penaksiran mengenai jumlah produk yang diperkirakan akan mampu dijual
beserta harga jualnya, yang tentunya masing-masing produk dikaitkan dengan
jenis produknya yang akan dijual. Dengan demikian keakuratan peramalan
penjualan akan sangat berpengaruh terhadap ketepatan keseluruhan anggaran.
METODE
_Forecasting sales terbagi mennjadi 2 yaitu, forecasting
kualitatif yaitu forecasting yang ditentukan hanya berdasarkan pendapat dan
analisis deskriptif dan forecasting kuantitatif yaitu forcasting yang
berhubungan dengan perhitungan secara matematis.
Forecasting kuantitatif. Pada tekhnik ini pembuatan forecast
berdasarkan _metode tertentu, yaitu :
- -Metode trend setengah rata – rata
- -Metode trend moment
- -Metode least square
- -Metode kuadratik
- -Metode korelasi
- -Metode trend bebas
_Forecasting berdasarkan metode khusus.
- -Metode analisis industry
- -Metode analisis product line
- -Metode analisis penggunaan akhir
Tujuan
_Mengkaji kebijakan perusahaan yang berlaku saat ini dan
dimasa lalu, serta melihat sejauh mana pengaruhnya dimasa datang.
_Dengan adanya peramalan maka dapat dipersiapkan program
dan tindakan perusahaan untuk mengantisipasi keadaan dimasa datang sehingga
resiko kegagalan bisa diminimalkan.
_Peramalan merupakan dasar penyusunan rencana bisnis
perusahaan, sehingga dapat meningkatkan efektivitas suatu rencana bisnis.
_Peramalan juga digunakan dalam pembuatan keputusan,
karena hasil peramalan merupakan informasi yang mendasari keputusan para
manajer perusahaan dalam berbagai tingkatan manajemen perusahaan.
Komentar
Posting Komentar