PENGERTIAN
_Peramalan ( forecasting ) adalah ilmu dalam memprediksikan kejadian yang akan datang, dalam bentuk perhitungan atau prakiraan dari data dan informasi di masa lalu serta data informasi lainnya yang berkaitan dengan penjualan. Dalam pembuatan ramalan ini dibutuhkan penaksiran-penaksiran, kususnya penaksiran mengenai jumlah produk yang diperkirakan akan mampu dijual beserta harga jualnya, yang tentunya masing-masing produk dikaitkan dengan jenis produknya yang akan dijual. Dengan demikian keakuratan peramalan penjualan akan sangat berpengaruh terhadap ketepatan keseluruhan anggaran.

METODE
_Forecasting sales terbagi mennjadi 2 yaitu, forecasting kualitatif yaitu forecasting yang ditentukan hanya berdasarkan pendapat dan analisis deskriptif dan forecasting kuantitatif yaitu forcasting yang berhubungan dengan perhitungan secara matematis.
Forecasting kuantitatif. Pada tekhnik ini pembuatan forecast berdasarkan _metode tertentu, yaitu :
-          -Metode trend setengah rata – rata
-          -Metode trend moment
-          -Metode least square
-          -Metode kuadratik
-          -Metode korelasi
-          -Metode trend bebas
_Forecasting berdasarkan metode khusus.
-          -Metode analisis industry
-          -Metode analisis product line
-          -Metode analisis penggunaan akhir

Tujuan

_Mengkaji kebijakan perusahaan yang berlaku saat ini dan dimasa lalu, serta melihat sejauh mana pengaruhnya dimasa datang.
_Dengan adanya peramalan maka dapat dipersiapkan program dan tindakan perusahaan untuk mengantisipasi keadaan dimasa datang sehingga resiko kegagalan bisa diminimalkan.
_Peramalan merupakan dasar penyusunan rencana bisnis perusahaan, sehingga dapat meningkatkan efektivitas suatu rencana bisnis.
_Peramalan juga digunakan dalam pembuatan keputusan, karena hasil peramalan merupakan informasi yang mendasari keputusan para manajer perusahaan dalam berbagai tingkatan manajemen perusahaan.


Komentar

Postingan Populer